Cara Mudah Membuat Cas/Charger Hp di Motor

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sahabat , Pada dasarnya aki / accu adalah power bank yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan apa saja yang berhubungan dengan alat elektronik. Pada sepeda motor aki berfungsi untuk menyalakan beberapa perangkat seperti lampu, control RPM , control level bensin, menghidupkan motor starter dan sebagainya. Nah aki yang ada di motor juga bisa dibuat power bank untuk mengecas hp kita. Lalu bagaimana caranya? Silahkan simak tutorial di bawah ini.

Sebelum membuat ada beberapa hal yang perlu kita pahami. Yaitu bahwa hp pada umumnya membutuhkan tegangan untuk menghidupkan perangkatnya . Nah, bila batrei lowbat tentunya harus diisi ulang. Untuk hp pada umumnya tegangan yang diperlukan adalah 3.7 volt. Sedangkan tegangan aki adalah 12 volt. Maka diperlukan sebuah rangkaian stabilisator atau regulator tegangan yang akan menurunkan tegangan (stepdown) dari 12volt ke tegangan yang setidaknya mendekati standar batrei hp yakni sekitar 3.7volt.

Alat yang diperlukan
1. Kabel secukupnya.
2. IC 7805 .
3. Elko 470uf 16v
4. Kabel konektor ke hp.
5. USB bekas.
6. Solder, tenol, avoneter.
Cara membuat
1. Ambil ic 7805 , solder kabel input ke kaki kanan untuk (+) dari aki. Solder kabel input kaki tengah untuk (-) dari aki. Untuk kaki kiri adalah output (+). Apabila kaki kanan diberi tegangan 12v atau lebih maka kaki kiri akan menjadi 5 volt.
2. Tambahkan elko 470uf 16v pada output sebelum ke hp. (Lihat gambar) Tapi jangan terbalik polaritasnya. Bila terbalik maka elko akan meledak.
3. Solder kabel konektor ke hp. Ingat jangan sampai terbalik. Untuk Nokia biasanya tap tengah (iner) pada jack adalah (+) dan yang di luar adalah (-). Atau bisa ditandai pada kabel warna hitam / coklat (-) dan warna merah / biru (+)
Apabila anda punya kabel charger untuk usb anda bisa pakai usb bekas charger hp china. Karena ini lebih praktis, apabila tidak dipakai maka bisa dicabut. Caranya (lihat gambar) pada usb ada 4 kaki . Kaki yg kanan adalah (+) sedang kaki kiri adalah (-), 2 kaki di tengah tidak dipakai. Awas jangan terbalik.
Gimana mudah khan, selamat mencoba.

CATATAN :
1. Ic 7805 hendaknya ditempelkan di bodi motor dengan baut gunanya untuk meredam panas.
2. Gunakan saklar untuk memutus tegangan dari aki bila tidak digunakan.
3. Penempatan rangkaian silahkan dikreasikan sendiri.
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.