Bukan cuma sebuah tulisan, namun hal tersebut udah bener-bener saya alami bro… Bahkan udah 2x jatuh dengan pose yang sama
… resiko terjadinya kecelakaan ringan atau berat akibat pemakaian motor
matic lebih gampang terjadi daripada motor tipe lain.. Lho kok bisa
mas? Bukanne matic itu nyaman?… Nah karena kenyamanan itu kita jadi
nggak sadar akan resikonya
Karena kendaraan saya matic semua (kecuali sepeda saya
) secara langsung saya sudah merasakan jatuh bangunnya naik motor
matic,.. Kita lihat aja ukuran velg dan ban motor matic bro… Ukuran yang
kecil, walaupun nggak sekecil matic-matic taiwan yang ukurannya 12
inchi namun potensi bahayanya cukup besar… Saat kita mengerem secara
otomatis ban depan dan belakang wajib ngegrip di aspal/tanah, namun
karena ukuran ban matic lebih kecil dan ringan, jadi gripnya pun kurang
sempurna.. didukung dengan adanya pabrikan yang masih menggunakan ban
kecil sebagai ban standar mereka serta efek engine brakes yang nggak
ada… Potensi jatuh pun semakin besar… ..
Sudah 2x (hampir 3x) saya crash pake matic, kebanyakan adalah ndlosor
ditengah jalan karena mengerem … yap, karena mengerem pelan pun jatuh
bro… apalagi saat hujan ban terasa terombang-ambing terbawa licinnya
jalanan… alhasil kita jadi gampang jatuh kapan saja…
Minggu kemarin temen kerja saya juga ndlosor saat naik vario 125nya
karena angkot yang berhenti mendadak… dan karena reflek mengerem dengan
rem depan (gerakan reflek) didukung engine brake yang loss… akhirnya,
gubrakkk… tangan kiri temen saya retak saat jatuh karena terbentur menghentak aspal .. Akhirnya sekarang tangan kiri beliau digantung sebelah dalam tahap penyembuhan..
Pake ban standar pabrik aja mudah banget ndlosor, apalagi pake ban standar cacing ..
Sebaiknya kalo kita naik motor matic, usahakan mengerem dengan rem
belakang bro.. kalo kurang pakem bisa ditambah rem depan dikit aja,
jangan banyak-banyak… ya 70% rem belakang, 30% rem depan… kalo sampeyan
punya motor yang CBS (Combi Brake System) kayak vario cbs & motor
kymco lawas sebaiknya pake rem belakang aja… udah cukup kok bro… (imho)
Berikut tabel pengereman yang bener dari situs suzuki: Latihan ngerem dulu kalo baru belajar naik motor matic supaya nggak kenapa-kenapa dijalan, and jangan lupa berdoa …
Hindari mengerem ketika sedang menikung. Mengeremlah sebelum memasuki tikungan
Kalo pengen naik yang lebih aman dan nyaman… Yuk kita minta alat & sistem transportasi ke pemerintah kita
Semoga kita semua dijauhkan dari musibah and celaka, amin…
Semoga berguna..
“Proud To Be Safety Biker