Mengatasi Busi Motor Mati DI jalan (Trik Jitu)

Ehmm santai dulu bro, jangan serius amat tuh ampe garuk-garuk kepala keringetan gara-gara tuh busi Modarr".. tenang broo c e l l o w... #sruput kopi dulu aaaah... segerrr

Pernah Ngalami atau lagi ngalami kondisi busi mati di jalan? makanya cuuyy sering-sering rawat tuh motor kesayangan jangan ampe kelep nya bocor atau kiprok nya rusak biar businya awet :V .. tapi tenang dulu disini mimin mau berbagi tips dan trik kalo-kalo aja tips mimin bisa membantu, kan alhamdulillah yak :D

mimin mau tanya dulu sebelumnya, apa udah dicek bener-bener tuh Busi beneran Ko'id alias death?.. udah di cek api yang nongol dari koil ?? atau dari sepul /alternatornya mungkin?.. okee deh klo udah dan divonis tuh mati businya. begini bimsalabim selanjutnya..


Sebenarnya jika busi mati, busi tersebut masih bisa berfungsi namun hanya bersifat sementara. Sebagaimana lazimnya komponen dalam sepeda motor, busi juga memiliki usia pakai. Faktor utama busi mati karena elektrodanya sudah tidak mampu melecutkan api secara optimal untuk membakar bensin.

Jadi solusinya bagaimana nih?

##cara pertama :
Nah cara termudah untuk kembali menghidupkan busi yang sudah melemah anda hanya perlu mendekatkan celah antara ground elektorda dengan center elektroda.

Ground elektroda berada di ujung kepala busi dan center elektroda berposisi di bawahnya seperti jarum yang mengeluarkan bunga api. Untuk mendekatkan celah tersebut ialah dengan cara di bengkokkan dengan tang atau bila terpaksa dapat dipukulkan ke aspal agar celah menjadi sempit dan bunga api bisa terhubung.

Nah, jika ini tak berjalan mulus dan belum dapat membuat sepeda motor anda menyala lakukan langkah kedua.

**cara kedua (trik):
Langkah kedua ini anda harus menemukan alat yang cukup keras. Alat tersebut berguna untuk memecahkan isolasi keramik yang terdapat pada busi.


Jika anda perhatikan di bagian kepala busi terdapat keramik berwarna putih. Nah, keramik ini lah yang dipecahkan agar bunga api bisa kembali menyala. Jangan lupa bersihkan pecahan sisa keramik sebelum di pasang kembali.

Namun yang wajib diperhatikan adalah perlakuan ini khusus untuk darurat saja. Tidak ada jaminan busi yang telah mengalami prosedur darurat ini akan berfungsi selaiknya busi baru. sebelum motor dicoba untuk dihidupkan silahkan masbro baca bismillah terlebih dahulu.. hehehe supaya selamat sampe tujuan maksudnya.. hehehe :D

Syarat nya kalo tuh motor dah hidup,, usahakan jangan sampe mesin nya mati ya masbro, klo udah mati mah gak mau hidup lagi dah.. jadi manfaatkan kondisi ini sebaik-baiknya .

Yang penting sih si otong, eh si motor mampu di geber ke bengkel terdekat dan segera membeli busi terbaru.

Hal baik mah gak papa kalo dishare.. itung-itung menambah pahala yak :D

0 Response to "Mengatasi Busi Motor Mati DI jalan (Trik Jitu)"