Rabu, 18 April 2012

TAKSONOMI Bloom dan Revisi

Kurikulum Pendidikan Tekhnologi Kejuruan
( pengertian, kata-kata operasional beserta Revisi terbaru)


    

Disusun Oleh :



Ahmad Taufik Hidayat
Nim : 97782/2009
Pendidikan Teknik Otomotif


 

JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG






Taksonomi : atribut ukur keberhasilan anak didik          
Atribut keberhasilan mencakup 3 bidang (tingkah laku) (menggunakan taksonomi)
         Kognitif    ( menyangkut aspek kecerdasan & intelektualnya )
         Afektif  (menyangkut aspek nilai perasaan, sikap & emosi )
         Psikomotorik (menyangkut aspek keterampilan fisik dalam hard skill)
Ada 4 buah prinsip dasar yang digunakan Bloom dan Krathwohl dalam melahirkan taksonomi, yaitu:
a. Prinsip metodologis (cara guru mengajar)
b. Prinsip psikologis (fenomena kejiwaan)
c. Prinsip logis (logis dan konsisten)
d. Prinsip tujuan (keselarasan antara tujuan dan nilai-nilai)

A.    ). Taksonomi Atribut Keberhasilan Kognitif (Bloom)
         Pengetahuan (knowledge)
         Pemahaman (comprehension)
         Penerapan (application)
         Analisis (Analysis)
         Sintesis (synthesis)
         Evaluasi (evaluation)
Taksonomi Bloom (1956), Ranah Kognitif dan kata-kata operasional nya.
1.      Mengenal (recognition)
Dalam pengenalan siswa diminta untuk memilih satu dari dua atau lebih jawaban Mengungkap/mengingat kembali (recall) Siswa diminta untuk mengingat kembali satu atau lebih fakta-fakta yang sederhana
Kata operasional : (C1)
: Mengutip, Menyebutkan, Menjelaskan, Menggambar, Membilang, Mengidentifikasi, Mendaftar, Menunjukkan, Memberi label, Memberi indeks, Memasangkan, Menamai, Menandai, Membaca, Menyadari, Menghafal, Meniru, Mencatat, Mengulang, Mereproduksi, Meninjau, Memilih, Menyatakan, Mempelajari, Mentabulasi, Memberi kode, Menelusuri, Menulis.

2. Pemahaman (Comprehension)
Siswa diminta untuk membuktikan bahwa siswa memhami hubungan yang sederhana diantara faktafakta atau konsep.
Kata operasional : (C2) :
Memperkirakan, Menjelaskan, Mengkategorikan, Mencirikan, Merinci, Mengasosiasikan, Membandingkan, Menghitung, Mengkontraskan, Mengubah, Mempertahankan, Menguraikan, Menjalin, Membedakan, Mendiskusikan, Menggali, Mencontohkan, Menerangkan, Mengemukakan, Mempolakan, Memperluas, Menyimpulkan, Meramalkan, Merangkum, Menjabarkan


3. Penerapan Atau Aplikasi (Application)
Siswa dituntut memiliki kemampuan untuk menyeleksi atau memilih suatu abstraksi tertentu (konsep, hukum, dalil, aturan, gagasan, cara) secara tepat untuk diterapkan dalam suatu situasi baru dan menerapkannya secara benar.
Kata operasional : (C3)
: Menugaskan, Mengurutkan, Menerapkan, Menyesuaikan, Mengkalkulasi, Memodifikasi, Mengklasifikasi, Menghitung, Membangun , Membiasakan, Mencegah, Menentukan, Menggambarkan, Menggunakan, Menilai, Melatih, Menggali, Mengemukakan, Mengadaptasi, Menyelidiki, Mengoperasikan, Mempersoalkan, Mengkonsepkan, Melaksanakan, Meramalkan, Memproduksi, Memproses, Mengaitkan, Menyusun, Mensimulasikan, Memecahkan, Melakukan, Mentabulasi, Memproses, Meramalkan


4. Analisis (Analysis)
Siswa diminta untuk menganalisis suatu hubungan atau situasi yang kompleks atas konsep-konsep dasar.
Kata operasional : (C4)
 : Menganalisis, Mengaudit, Memecahkan, Menegaskan, Mendeteksi, Mendiagnosis, Menyeleksi, Merinci, Menominasikan, Mendiagramkan, Megkorelasikan, Merasionalkan, Menguji, Mencerahkan, Menjelajah, Membagankan, Menyimpulkan, Menemukan, Menelaah, Memaksimalkan, Memerintahkan, Mengedit, Mengaitkan, Memilih, Mengukur, Melatih, Mentransfer


5. Sintesis (Synthesis)
Meminta Siswa Menggabungkan Atau Menyusun Kembali (Reorganize) Hal-Hal Yang Sfesifik Agar Dapat Mengembangkan Suatu Struktur Baru
Kata operasional : (C5)
 : Mengabstraksi, Mengatur, Menganimasi, Mengumpulkan, Mengkategorikan, Mengkode, Mengombinasikan, Menyusun, Mengarang, Membangun, Menanggulangi, Menghubungkan, Menciptakan, Mengkreasikan, Mengoreksi, Merancang, Merencanakan, Mendikte, Meningkatkan, Memperjelas, Memfasilitasi, Membentuk, Merumuskan, Menggeneralisasi, Menggabungkan, Memadukan, Membatas, Mereparasi, Menampilkan, Menyiapkan Memproduksi, Merangkum, Merekonstruksi


6. Evaluasi (Evaluation)
Siswa Mampu Menerapkan Pengetahuan Dan Kemampuan Yang Telah Dimiliki Untuk Menilai Sesuatu Kasus Yang Diajukan Oleh Penyusun Soal.
Kata operasional : (C6)
: Membandingkan, Menyimpulkan, Menilai, Mengarahkan, Mengkritik, Menimbang, Memutuskan, Memisahkan, Memprediksi, Memperjelas, Menugaskan, Menafsirkan, Mempertahankan, Memerinci, Mengukur, Merangkum, Membuktikan, Memvalidasi, Mengetes, Mendukung, Memilih, Memproyeksikan
           
(f). Taksonomi Atribut Keberhasilan Afektif
         Penerimaan (receiving)
         Penanggapan (responding)
         Penghargaan (valuing)
         Pengorganisasian (organization)
         Pewatakan (characterization)
         Koordinasi (kombninasi antara skill dan kebiasaan)
Kategori
Deskripsi
1. Penerimaan (Receiving)
Peka terhadap kehadiran fenomena tertentu dan bersedia untuk
menerimanya.
2. Tanggapan (Responding)
Bersedia untuk menanggapi secara aktif.
3. Penilaian (Valuing)
Menampilkan keterlibatan atau komitmen tertentu.
4. Pengaturan (Organization)
Memadukan nilai baru ke dalam sistem nilai yang ada, menentukan
hubungan di antara nilai-nilai tersebut, mendirikan salah satu
yang dominan.
5. Karakterisasi berdasarkan nilai (Characterization by Value)
Bertindak secara konsisten dengan nilai-nilai baru yang
diperoleh.

Kata operasional :
1.          Menerima : Memilih, Mempertanyakan, Mengikuti, Memberi, Menganut, Mematuhi, Meminati
2.         Menanggapi : Menjawab, Membantu, Mengajukan, Mengompromika, Menyenangi, Menyambut, Mendukung, Menyetujui, Menampilkan, Melaporkan, Memilih, Mengatakan, Memilah, Menolak
3.         Menilai : Mengasumsikan, Meyakini, Melengkapi, Meyakinkan, Memperjelas, Memprakarsai, Mengimani, Mengundang, Menggabungkan, Mengusulkan, Menekankan, Menyumbang
4.         Mengelola : Menganut, Mengubah, Menata, Mengklasifikasikan, Mengombinasikan, Mempertahankan, Membangun, Membentuk pendapat, Memadukan, Mengelola, Menegosiasi, Merembuk
5.         Karakteristik nilai : Mengubah perilaku, Berakhlak mulia, Mempengaruhi, Mendengarkan, Mengkualifikasi, Melayani, Menunjukkan, Membuktikan, Memecahkan

(g). Taksonomi Atribut Keberhasilan Psikomotorik
Psikomotorik adalah kemampuan yang menyangkut kegiatan otot dan fisik.
Menurut Davc (1970) klasifikasi tujuan domain psikomotor terbagi lima kategori yaitu :
a. Peniruan
terjadi ketika siswa mengamati suatu gerakan. Mulai memberi respons serupa dengan yang diamati. Mengurangi koordinasi dan kontrol otot-otot saraf. Peniruan ini pada umumnya dalam bentuk global dan tidak sempurna.
b. Manipulasi
Menekankan perkembangan kemampuan mengikuti pengarahan, penampilan, gerakan-gerakan pilihan yang menetapkan suatu penampilan melalui latihan. Pada tingkat ini siswa menampilkan sesuatu menurut petunjuk-petunjuk tidak hanya meniru tingkah laku saja.
c. Ketetapan
memerlukan kecermatan, proporsi dan kepastian yang lebih tinggi dalam penampilan. Respon-respon lebih terkoreksi dan kesalahan-kesalahan dibatasi sampai pada tingkat minimum.
d. Artikulasi
Menekankan koordinasi suatu rangkaian gerakan dengan membuat urutan yang tepat dan mencapai yang diharapkan atau konsistensi internal di natara gerakan-gerakan yang berbeda.
e. Pengalamiahan
Menurut tingkah laku yang ditampilkan dengan paling sedikit mengeluarkan energi fisik maupun psikis. Gerakannya dilakukan secara rutin. Pengalamiahan merupakan tingkat kemampuan tertinggi dalam domain psikomotorik.
Kata operasional nya :
  1. Menirukan : Mengaktifkan, Menyesuaikan, Menggabungkan, Melamar, Mengatur, Mengumpulkan, Menimbang, Memperkecil, Membangun, Mengubah, Membersihkan, Memposisikan, Mengonstruksi
  2. Memanipulasi : Mengoreksi, Mendemonstrasikan, Merancang, Memilah, Melatih, Memperbaiki, Mengidentifikasikan, Mengisi, Menempatkan, Membuat, Memanipulasi, Mereparasi, Mencampur
  3. Pengalamiahan : Mengalihkan, Menggantikan, Memutar, Mengirim, Memindahkan, Mendorong, Menarik, Memproduksi, Mencampur, Mengoperasikan, Mengemas, Membungkus
  4. Artikulasi : Mengalihkan, Mempertajam, Membentuk, Memadankan, Menggunakan, Memulai, Menyetir, Menjeniskan, Menempel, Menseketsa, Melonggarkan, Menimbang
TAKSONOMI BLOOM versi REVISI
Tanggal : 07/12/2010, dibaca 591 kali.


Perubahan taksonomi Bloom terjadi pada aras C1-C6.
pada (C1) 1 yang semula sebagai “knowledge” (tahu, “pengetahuan”–) berubah menjadi “remembering” (mengingat).
Perubahan terjadi juga pada C2, yaitu “comprehension” yang dipertegas menjadi “understanding” (paham, memahami).
C3 diubah sebutan dari “application” menjadi “applying” (menerapkan).
C4 juga diubah sebutan dari “analysis” menjadi “analysing” (menganalisis).
Perubahan mendasar terletak pada C5 dan C6. “Evaluation” versi lama diubah posisisinya dari C6 menjadi C5, juga dengan perubahan sebutan dari “evaluation” menjadi “evaluating” (menilai).
C5 lama, yaitu “synthesis” (pemaduan) hilang, tampaknya dinaikkan levelnya menjadi C6 tetapi dengan perubahan mendasar, yaitu dengan nama “creating” (mencipta).

Jadi taksonomi kognitif Bloom versi baru terdiri atas (dari C1 sampai 6): remembering (mengingat), understanding (memahami), applying (menerapkan), analysing (menganalisis, mengurai), evaluating (menilai) dan creating (mencipta).
Penjabaran masing-masing C itu sebagai berikut.

1.Remember (retrieving relevant knowledge from long-term memory)–
·         mengingat (memunculkan kembali apa yang sudah diketahui dan tersimpan dalam ingatan jangka-panjang).
·         Recognizing (mengenali lagi).
·         Recalling (menyebutkan kembali)

2. Understand (determining the meaning of instructional messages, including oral, written, and graphic communication– paham, memahami (menegaskan pengertian atau makna bahan-bahan yang sudah diajarkan, mencakup komunikasi lisan, tertulis, maupun gambar)
  • Interpreting (menafsiri, mengartikan, menerjemahkan)
  • Exemplifying (memberi contoh)
  • Classifying (menggolong-golongkan, mengelompokkan)
  • Summarizing (merangkum, meringkas)
  • Inferring (melakukan inferensi)
  • Comparing (membandingkan)
  •  Explaining (memberikan penjelasan)

3. Apply (carrying out or using a procedure in a given situation)–menerapkan (melakukan sesuatu, atau menggunakan sesuatu prosedur dalam situasi tertentu)
  •  Executing (melaksanakan)
  •  Implementing (menerapkan)

4. Analyze (breaking material into its constituent parts and detecting how the parts relate to one another and to an overall structure or purpose)–analisis (menguraikan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang membentuknya, dan menetapkan bagaimana bagian-bagian atau unsur-unsur tersebut satu sama lain saling terkait, dan bagaimana kaitan unsur-unsur tersebut kepada keseluruhan struktur atau tujuan sesuatu itu)
  • Differentiating (membeda-bedakan)
  • Organizing (menata atau menyusun)
  •  Attributing (meneteapkan sifat atau ciri)

5. Evaluate (making judgments based on criteria and standards–evaluasi atau menilai (menetapkan derajat sesuatu berdasarkan kriteria atau patokan tertentu) ,Checking (mengecek), Critiquing (mengkritisi)

6.0. Create (putting elements together to form a novel, coherent whole or make an original product)–mencipta (memadukan unsur-unsur menjadi sesuatu bentuk utuh yang koheren dan baru, atau membuat sesuatu yang orisinil)
  • Generating (memunculkan)
  • Planning (merencanakan, membuat rencana)
  • Producing (menghasilkan karya)